Proses belajar
megajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru
sebagai pemegang peranan utama. Peristiwa belajar mengajar banyak berakar pada
berbagai pandangan dan konsep. Oleh karena itu perwujudan proses belajar
mengajar dapat terjadi dalam berbagai model. Bruce Joyce dan Marshal Weil
mengemukakan 22 model mengajar yang di kelompokan ke dalam 4 ha, yaitu : Proses
informasi, perkembangan pribadi, interaksi sosial dan modifikasi tingkah laku (
Joyce & Weil, Models of Teaching, 1980 )
Proses belajar
mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan
siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif
untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara
guru dan siswa itu merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar
mengajar. Interaksi dalam peristiwa belajar mengajar mempunyai arti yang lebih
luas, tidak sekedar hubungan antara guru dan siswa, tetapi berupa interaksi
edukatif. Dalam hal ini bukan hanya penyampaian pesan berupa materi pelajaran,
melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang sedang belajar.
Proses belajar mengajar memeiliki makna dan pengertian yang lebih luas daripada pengertian mengajar semata. Dalam proses belajar mengajar tersirat adanya suatu kesatuan kegiatan yang tak terpisahkan antara siswa yang belajar dan guru yang mengajar. Antara kedua kegiatan ini terjalin interaksi yang saling menunjang.
Proses belajar mengajar memeiliki makna dan pengertian yang lebih luas daripada pengertian mengajar semata. Dalam proses belajar mengajar tersirat adanya suatu kesatuan kegiatan yang tak terpisahkan antara siswa yang belajar dan guru yang mengajar. Antara kedua kegiatan ini terjalin interaksi yang saling menunjang.
Sumber:https://inspirasibelajar.wordpress.com/2011/03/19/pengertian-proses-belajar-mengajar/html
Keberhasilan
dan kegagalan seorang murid berasal dari pribadi murid tersebut. Usaha apapun
harus dimulai dari sikap dan cara berpikir dalam menanggapi berbagai situasi
yang akan ditemui dalam kehidupan. Tiap orang memiliki kelebihan serta
kekurangan dan semua tinggal bagaimana bisa mengoptimalkan potensi kelebihan
dan meminimalkan kekurangan yang dimiliki. Keseimbangan semua unsur di dalam
diri adalah kunci sukses yang akan diraih.
Belajar merupakan proses perubahan perilaku karena pengalaman dan latihan. Arti lain dari belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang terjadi dalam interaksi aktif pada lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pengertian. Sedangkan pendapat yang lain menyatakan bahwa belajar adalah proses perbuatan yang dilakukan dengan cara sengaja yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan.
Belajar merupakan proses perubahan perilaku karena pengalaman dan latihan. Arti lain dari belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang terjadi dalam interaksi aktif pada lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pengertian. Sedangkan pendapat yang lain menyatakan bahwa belajar adalah proses perbuatan yang dilakukan dengan cara sengaja yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan.
Pengertian belajar mengajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah
laku yang keadaaannya tidak sama dari sebelum individu berada pada situasi belajar
serta setelah melakukan tindakan yang serupa tersebut. Ada beberapa pengertian
yang dipakai untuk menjelaskan pengertian belajar mengajar.
Pada definisi
klasik menyatakan bahwa mengajar bisa diartikan sebagai penyampaian sejumlah
ilmu karena pandangan yang seperti ini. Guru dianggap sebagai sumber
pengetahuan dan siswa dianggap tidak mengerti apa-apa. Pengertian klasik ini
sejalan dengan pandangan Brunner yang mempunyai pendapat bahwa mengajar adalah
menyampaikan ide, masalah atau pengetahuan dalam bentuk sederhana sehingga bisa
dipahami oleh murid.
Pengertian
belajar mengajar dalam definisi modern menolak tentang pandangan klasik dan
oleh sebab itu pandangan tersebut kini mulai diabaikan. Kini orang mulai
beralih ke pandangan bahwa mengajar tidak sekedar menyampaikan ilmu, tapi
berusaha membuat suatu situasi lingkungan yang memungkinkan murid untuk
belajar. Sebuah konsep baru tentang mengajar menyatakan bahwa mengajar
merupakan pembinaan bagi siswa bagaimana belajar dan bagaimana berfikir serta
menyelidiki.
Sumber :
http://www.areabaca.com/2013/07/pengertian-belajar-mengajar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar